Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Senin, 06 Mei 2013

Ukiran Prestasi

Banyumas Kembali Raih WTN
Kali Ketiga


Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan menerima penghargaan piala WTN tahun 2012
dari Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan di Gedung Mataram
Kementrian Perhubungan di Jakarta
JAKARTA--Untuk ketiga kalinya Kabupaten Banyumas menerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2012 dari Kementrian Perhubungan RI. Sebelumnya pada tahun 2010 dan 2011 Banyumas telah menerima penghargaan serupa, berupa plakat WTN kategori pengelolaan lalu lintas kota sedang.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan kepada Wakil Bupati Banyumas Budhi Setiawan,  Senin (6/5), di Ruang Mataram Kementrian Perhubungan Jalan Medan Merdeka Barat No 8 Jakarta, dalam acara khusus Penyerahan Penghargaan WTN Tahun 2012 yang dihadiri oleh seluruh pejabat di Kementrian Perhubungan, 16 gubernur, 96 bupati/walikota, 55 kapolres/kapolresta, dan  34 kepala dinas perhubungan provinsi penerima penghargaan di berbagai bidang dan kategori.

Penghargaan WTN diberikan sesuai dengan bidang dan kategori, antara lain berupa sertifikat WTN, plakat WTN, piala WTN kategori lalu lintas; piala WTN kategori angkutan, piala WTN, piala WTN kencana, piala WTN wiratama, piala WTN wiratama kencana, dan piala WTN wira karya.

Selain penganugerahan WTN, Kementerian Perhubungan juga menyerahkan bantuan bus perintis, bus pelajar/mahasiswa, bus kota dan bus pemadu moda, kendaraan sosialisasi keselamatan transportasi darat dan kapal penyeberangan, juga penghargaan kepada perusahaan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) terbaik, perusahaan angkutan pariwisata terbaik , dan penghargaan pengabdian seumur hidup.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas, Abdulah Muhammad yang mendampingi wabup mengatakan, penghargaan WTN merupakan penghargaan yang  bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh wilayah di Indonesia untuk meningkatkan sarana dan prasarana jalan, mendorong meningkatkan sistem transportasi menjadi lebih baik, melakukan pembenahan organisasi dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Penghargaan WTN diberikan kepada kabupaten/kota yang dalam penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan dinilai baik, juga memiliki peran dalam  perwujudan peningkatan kualitas pelayanan transportasi perkotaan mengingat peningkatan mobilitas orang dan barang yang terus meningkat sehingga perlu diimbangi dengan penyediaan infrastruktur transportasi yang memadai agar arus perjalanan orang dan barang dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Dengan adanya penilaian kinerja penyelenggaraan transportasi di daerah melalui pemberian penghargaan ini diharapkan akan tercipta hubungan dan komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam pembinaan transportasi perkotaan” kata Abdullah.

Terkait penghargaan untuk Kabupaten Banyumas Abdullah menyebut, ini adalah kali ketiga Banyumas menerima penghargaan WTN. Sebelumnya, tahun 2010 Banyumas menerima plakat WTN karena berprestasi dalam mengelola transportasi dan lalu lintas kota dan mewujudkan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Purwokerto, dengan kategori baik. Tahun 2011 Banyumas mendapat plakat WTN bidang penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan untuk kota sedang, juga dengan kategori baik. Tahun ini Banyumas menerima piala WTN 2012 untuk kategori lalu lintas kota sedang.

Abdulah menjelaskan, penghargaan piala WTN tahun 2012 adalah penghargaan tertinggi karena Banyumas mampu mewujudkan kinerja transportasi yang baik, pelayanan angkutan umum yang baik, lalu lintas yang lancar dan perlengkapan sarana dan prasarana lalu lintas yang lengkap.

Dia menambahkan, untuk wilayah Jawa Tengah selain Kabupaten Banyumas ada 13 kabupaten/kota lainnya yang menerima penghargaan, yaitu Kota Surakarta, Kota Semarang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Sragen, Kota Pekalongan, Kabupaten Sukoharjo, Kota Tegal, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Klaten. Dari 14 yang menerima piala 11 Kabupaten/kota, sedangkan 3 lainnya masing-masing Pekalongan, Sukoharjo dan Wonogiri hanya menerima plakat.

Wakil Bupati Banyumas, Budhi Setiawan usai menerima penghargaan mengatakan,  diterimanya penghargaan Wahana Tata Nugraha bagi Kabupaten Banyumas merupakan satu indikator bahwa kesadaran masyarakat Banyumas, dalam hal ini para pengguna jalan sudah tinggi dan sudah mentaati segala aturan yang berlaku. 

Budhi juga mengatakan, penghargaan WTN juga merupakan sebuah capaian Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui kinerja yang telah dilaksanakan oleh Dinhubkominfo dan dinas/instansi terkait lainnya, sehingga upaya untuk memberikan pelayanan transportasi yang lebih baik di Kabupaten Banyumas bisa semakin maksimal.

Budhi berharap, penghargaan WTN akan memberikan motivasi kepada Pemkab Banyumas untuk lebih meningkatkan kinerjanya sehingga para pengguna jalan akan lebih nyaman, aman dan selamat dalam beraktivitas. Dia juga berharap masyarakat Banyumas terus meningkatkan peran serta dalam membangun kebersamaan dalam mewujudkan ketertiban, kelancaran dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Ditambahkannya, meningkatnya arus investasi di Kabupaten Banyumas harus diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi agar roda perekonomian Kabupaten Banyumas terus bergerak tanpa hambatan kemacetan dan munculnya konflik lalu lintas khususnya di perkotaan Purwokerto. “kedepan akan lebih ditingkatkan pelayanan dan pemenuhan sarana dan prasarana transportasi.” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut atas nama Pemkab Banyumas Budhi mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholders yang telah  mewujudkan ketertiban, kelancaran dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga Kabupaten Banyumas dapat memperoleh WTN untuk kali ketiga, dan berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.(Yon) 

berikut beberapa foto kegiatan tersebut :


Wakil Bupati Banyumas diantara tamu undangan lainnya saat menghadiri acara
Penganugerahan Wahana Tata Nugraha Tahun 2012 di Gedung Mataram
Kementrian Perhubungan RI di Jakarta

Wakil Bupati Banyumas Buddi Setiawan berfoto bersama dengan para penerima
Piala WTN tahun 2012

Wabup Budhi Setiawan berfoto bersama Kepala Dinhubkominfo Abdullah Muhammad
usai menerima Piala WTN Tahum 2012

2 komentar:

Komentar Anda