Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Senin, 29 Juli 2013

Prestasi Akademik

Pelajar Banyumas Raih Medali Emas di Bulgaria International Mathematics Competition 2013

Jago Matematika asal Banyumas, Kinantan Arya Bagaspati berfoto dengan
Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein, Jum'at (26/7)

PURWOKERTO--Kinantan Arya Bagaspati, siswa kelas VI SDN 2 Sokanegara Purwokerto baru saja mengukir prestasi luar biasa. Putra pasangan Dinar Arya Sena-Dewi Sekarsari, warga Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur tersebut berhasil meraih medali emas di kompetisi Matematika tingkat Internasional, Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC) yang digelar di Kota Burgas Bulgaria  pada 1-4 Juli 2013.

BIMC merupakan salah satu kompetisi matematika internasional tahunan bergengsi yang diselenggarakan sejak tahun 2003 di negara yang berbeda. BIMC 2013 diselenggarakan  oleh Kementerian Pendidikan dan  Ilmu Pengetahuan Bulgaria bekerjasama dengan Pemerintah Kota Burgas, Persatuan Ahli Matematika Bulgaria dan Sekolah Matematika  “Academic Obreshkov“ Burgas.

BIMC diikuti oleh sekitar 500 pelajar dari 29 negara peserta dari 4 benua, yaitu Indonesia, China, Hongkong, Bangladesh, India, Thailand, Iran, Jepang, Kazakstan, Korea Selatan, Makau, Malaysia, Mongolia, Nepal, Filipina, Sri Lanka, Taiwan, Vietnam (Asia); Rumania, Rusia, Bulgaria, Belanda, Cyprus (Eropa); Afrika Selatan, Nigeria, Suriah, Zimbabwe (Afrika); dan Amerika Serikat, Meksiko, Kanada (Benua Amerika).
 

Kinantan satu diantara 2 siswa dari total 16 anggota tim Indonesia, yang meraih medali emas untuk kategori individu. Satu medali emas lainnya di kategori ini diraih rekannya, Leonardo Irvin Pratama. Secara keseluruhan, pada tingkat SD delegasi Indonesia berhasil meraih 4 medali emas, terdiri dari 2 emas untuk kategori individu, 1 untuk kategori Team Contest dan 1 untuk kategori Group Prizes.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Ir Wahyu Budi Saptono MSi saat mengantar Kinantan menghadap Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, didampingi Kepala SDN 2 Sokanegara, Tri Rudiyati SPd MPd dan ibu Kinantan, Dewi Sekarsari serta beberapa pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Jum’at (26/7) di Ruang Kerja Bupati Banyumas.

Wahyu juga melaporkan, Kinantan yang sebelumnya pernah mengikuti beberapa kompetisi Internasional, diantaranya Taiwan International Mathematics Competition (TIMC) 2011 dengan perolehan medali perunggu, dan India International Mathematics and Science 2012 dengan raihan medali perak, dalam waktu dekat akan diberangkatkan ke Singapura dan Guangzhou Cina untuk mengikuti kompetisi bergengsi lainnya.

Di Singapura, Kinantan akan mengikuti International Mathematics Competition - Union (IMC-Union) pada 2-5 Agustus 2013, difasilitasi oleh Klinik Medika Mipa Bogor. Sebelumnya Kinantan harus mengikuti karantina di Bogor mulai 28 Juli - 2 Agustus 2013. IMC Union merupakan kelanjutan dari Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) tingkat Nasional tahun 2013 yang diselenggarakan di Bogor pada 21 April 2013.  Saat itu Kinantan mendapatkan medali Emas dan menjadi peserta terbaik (meraih skor tertinggi).

Even internasional lainnya yang akan diikuti Kinantan adalah International Math Summer Camp di Guangzhou China. Kinantan berhak mengikuti even ini setelah sebelumnya meraih medali emas pada  International Mathematics Assessments for School (IMAS) 2013 round 1 yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2012, dan round 2 pada tanggal 5 Maret 2013 di Solo.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Sokanegara, Tri Rudiyati SPd MPd menuturkan, selain Kinantan, adik kandungnya, Pikatan Arya Bramajati yang saat itu turut hadir, juga telah menunjukkan beberapa prestasi yang tidak kalah hebat di pelajaran Matematika. Tri melaporkan, pada 2-5 Agustus 2013 mendatang, bersama Kinantan, Pikatan juga akan mengikuti IMC-Union di Singapura.

Tentang prestasi yang telah diraih Pikatan, Dewi Sekarsari, ibu Kinantan dan Pikatan menyebutkan, di event KMNR 2013 Pikatan ikut untuk kategori kelas 4 SD dan mendapatkan medali perak, di event IMAS Pikatan ikut untuk kategori kelas 3-4 dan mendapatkan medali perunggu. Pikatan juga pernah mengikuti Kompetisi Matematika Gasing se-Indonesia (babak final tanggal 13 Juli 2013), untuk kategori kelas 4 SD, dan menjadi Juara 2 tingkat Nasional.

Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein mengucapkan selamat atas prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Kinantan dan Pikatan. Achmad Husein mengatakan, kecerdasan luar biasa yang dimiliki Kinantan dan Pikatan adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri dan ditingkatkan, serta dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masa depannya.

Kepada orang tua dan guru Kinantan dan Pikatan Husein meminta, agar terus mengawal dan menjaga kestabilan jiwa mereka, serta terus membina dan menguatkan karakter mereka agar kelak menjadi anak-anak bangsa yang berguna. Tetapi Husein berpesan agar semua itu dilakuan tanpa menjadikan mereka kehilangan keindahan masa-masa kanak-kanak.

“Bagaimanapun mereka adalah anak-anak. Jangan sampai mereka kehilangan indahnya masa bermain” pesannya.(sbr)

Berikut beberapa foto pertemuan Kinantan dengan Bupati Achmad Husein :

Kinantan dan Pikatan berbincang santai dengan Bupati Achmad Husein

Bupati Achmad Husein mencoba menyelesaikan soal-soal lomba Matematika,
disaksikan Kinantan dan Kepala Dinas Pendidikan, Wahyu Budi Saptono

Bupati Achmad Husein menyerahkan buku sebagai kenang-kenangan
kepada Kinantan

Kinantan dan Pikatan menunjukan beberapa medali kejuaraan yang telah diraih,
didampingi Bupati Achmad Husein, Kepala Dindik Wahyu Budi Saptono
dan ibu mereka, Dewi Sekarsari

2 komentar:

  1. Kalo bisa jangan hanya ucapan selamat atau nasehat saja, harus ada perhatian lebih dari pemerintah, misal menjamin Pendidikannya sampai pendidikan tertinggi. atau memberikan beasiswa. hal seperti itu akan lebih bermanfaat dari pada sekedar ucapan selamat atau nasehat. :)

    BalasHapus
  2. McorsanQcur_suGilbert Jay Wiley Here
    heapigreveab

    BalasHapus

Komentar Anda