Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Rabu, 03 April 2013

Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas


Mardjoko : Pejabat Jangan Over Acting agar Dapat Jabatan

Bupati Mardjoko menyampaikan sambutan pada acara tasyakuran, didampingi
Wabup Achmad Husein yang juga Bupati Banyumas terpilih 2013-2018

BANYUMAS--“Pangkat, jabatan sudah digariskan oleh Tuhan. Untuk itu, para pejabat tidak usah bermanuver di depan Pak Husein demi jabatan, bertindaklah yang standar-standar saja. Potret Saudara sudah ada di tangan Pak Husein, tidak usah berlebihan actingnya.”


Demikian pesan Bupati Mardjoko kepada para pejabat di Kabupaten Banyumas, saat memberikan sambutan pada acara Tasyakuran Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas tahun 2013, Rabu (3/4) di Pendopo Duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas.
Hal tersebut diungkapkan Mardjoko terkait akan selesainya masa jabatannya sebagai Bupati Banyumas, menyusul terpilihnya Wakil Bupati Achmad Husein sebagai Bupati Banyumas periode 2013-2018, hasil Pemilukada Banyumas tanggal 17 Februari 2013 yang lalu.
Perihal kepemimpinan Achmad Husein yang akan diawali dengan pelantikan sebagai bupati pada 11 April 2013, Mardjoko mengaku dirinya telah ikhlas dan legowo. Menurutnya, kekalahan dalam Pilkada itu hal biasa, jangan dipermasalahkan. Baginya jabatan bupati adalah pengabdian dan ibadah kepada Tuhan dan sesama, yang semua ada batasnya.
Mardjoko merasa, Tuhan tidak menghendakinya memimpin kembali Banyumas, tetapi Tuhan memiliki kehendak lain yang lebih baik di kemudian hari. “Kalung yang saat ini engkau kenakan adalah kalung imitasi. Aku akan menggantinya dengan kalung emas yang murni” demikian Mardjoko mengibaratkan sabda Tuhan kepadanya. “Saya rela, tidak ada gusar, menyesal, dan sakit hati” tegasnya.
Dirinya juga menyadari, bahwa faktanya rakyat Banyumas memang menghendaki kepemimpinan Achmad Husein. Oleh sebab itu, kepada seluruh pegawai dan rakyat Banyumas Mardjoko meminta agar semuanya mendukung dan membantu dengan penuh keikhlasan, Achmad Husein memimpin Kabupaten Banyumas.
Selanjutnya Mardjoko mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Banyumas yang telah bekerjasama dan mendukungnya selama masa jabatannya sebagai Bupati Banyumas. Mardjoko meminta pencapaian yang telah diraih hari ini harus dapat dipertahankan, dan ditindaklanjuti dengan recovery, improvement, dan development, dengan memperbaiki, menempatkan segala sesuatu pada kedudukan yang benar dan memajukan.
Kepada seluruh pegawai di Kabupaten Banyumas Mardjoko meminta agar dapat bekerja dengan baik, dengan penuh kepatuhan (faithfulness), kerelaan (voluntariness), dan kesetiaan (loyality). “Soal jabatan, serahkan kepada pimpinan dan pasrahkan kepada Tuhan” pesannya.
Sebelum acara tasyakuran di Pendopo Duplikat Sipanji, Bupati Mardjoko melakukan ziarah ke Makam Adipati Warga Utama II (Raden Djoko Kaiman), Bupati Banyumas pertama, di Komplek Makam Dawuhan Kecamatan Banyumas, diikuti oleh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Banyumas serta para kepala SKPD di lingkungan Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Kabupaten Banyumas.
Tasyakuran diawali dengan penyerahan tokoh wayang “Naga Gombang” oleh Bupati Mardjoko kepada Ki Dhalang Tarjono, pembacaan do’a yang dipimpin oleh pegawai KUA Kecamatan Banyumas, dilanjutkan sambutan bupati. Usai menyampaikan sambutan, Bupati Mardjoko memotong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Wakil Bupati Achmad Husein. Acara diakhiri dengan makan nasi tumpeng bersama.
Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas, Kamijo menjelaskan, ziarah dan tasyakuran merupakan kegiatan awal dari keseluruhan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas Tahun 2013 yang dijadwalkan berlangsung 5 hari, mulai Rabu s/d Minggu (3-7 April 2013).
Mengenai jadwal kegiatan peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas Kamijo menyebutkan, acara dimulai Rabu (3/4) berupa ziarah ke makam Dawuhan Banyumas dilanjutkan tasyakuran di Pendopo Duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas; Kamis (4/3) berupa Kirab Prosesi Pusaka mulai pukul 13.00 WIB dengan start di Pendopo Wakil Bupati dan finish di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.
Hari Jum’at (5/4) akan diselenggarakan kegiatan jalan sehat mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai dengan start dan finish di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto; dilanjutkan Sabtu (6/4) mulai pukul 08.00 WIB berupa upacara puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas di Alun-alun Purwokerto, dan Sidang Istimewa DPRD di Gedung DPRD Kabupaten Banyumas.

Peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas tahun 2013 ditutup dengan kegiatan pawai budaya bertajuk Banyumas Extravaganza mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, dengan start di Gedung Bioskop Rajawali Purwokerto dan finish di Alun-alun Purwokerto■(sbr)

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr. wb. Maaf pak kami orang yang suka IT, bagaimana kalau ada penerapan sistem
    ( E.Pemerintahan desa ?) kan nanti desa akan lebih maju Adm dan SDM nya. Terima kasih. Wassalam. Anak Desa Pasinggangan. Maaf bisa dicek di Blog desa Pasinggagan. Terima kasih. Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kepedulian anak-anak desa Pasinggangan. Untuk tindak lanjut usul Saudara akan kami komunikasikan dengan dinas terkait (Dinhubkominfo). Yang pasti, pemkab komit untuk terus memajukan pembangunan di berbagai aspek, termasuk IT di Banyumas. Perlu diketahui, saat ini sudah dirintis dan diujicoba penerapan e-office di beberapa dinas. Insya Allah ini akan terus dilanjutkan, sampai tingkat desa. Sekali lagi terima kasih. Jangan berhenti berfikir dan berkarya demi kemajuan Banyumas tercinta! Salam.

      Hapus
  2. Terima kasih atas responnya dan hal ini dah ku coba tampilkan beritanya di Blog desa Pasinggangan.

    BalasHapus

Komentar Anda