Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Kamis, 25 Juli 2013

Musrenbang


RPJMD Kabupaten Banyumas Ditarget 6 Bulan Selesai


PURWOKERTO--Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banyumas Tahun 2013-2018 yang menjadi kewajiban Bupati dan Wakil Bupati Banyumas terpilih ditarget maksimal 6 bulan selesai, dan diharapkan segera dapat ditetapkan melalui Perda.

Demikian harapan yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Juli Krisdiyanto SE saat memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Banyumas Tahun 2013, dalam rangka penyusunan RPJMD Kabupaten Banyumas Tahun 2013-2018, Rabu (24/7) di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.

Musrenbang diikuti oleh Ketua Komisi dan Anggota DPRD, Sekda, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan/Dinas/Kantor, para Kabag di lingkungan Setda, camat, stakeholder kecamatan, lurah, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan organisasi masyarakat, organisasi profesi, forum anak, LSM/forum media, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kalangan Perguruan Tinggi di Kabupaten Banyumas.

Kegiatan dengan tema “Terwujudnya Kabupaten Banyumas yang Sejahtera, Berdaya Saing dan Berbudaya Berlandaskan Iman dan Taqwa” tersebut dibuka oleh Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein. Hadir dalam acara tersebut, Forkompinda Kabupaten Banyumas, pimpinan instansi vertikal, perwakilan BPKP Provinsi Jateng, Kepala Bappeda Provinsi Jateng, Kepala Bakorwill III Provinsi Jateng, serta para kepala Bappeda dari kabupaten tetangga.

Sekda Ir Mayangkoro dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang sebagai media partisipasi dan konsultasi publik segenap pemangku kepentingan guna mewujudkan sinergitas, sinkronisasi, harmonisasi prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah yang akan dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Banyumas tahun 2013-2018.

Tujuannya untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kabupaten Banyumas tahun 2013-2018 mencakup sasaran pembangunan jangka menengah daerah, strategi dan sinkronisasi arah kebijakan, kebijakan umum dan program, indikasi rencana program prioritas, capaian indikator kinerja, dan komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk memedomani RPJMD dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Juli Krisdiyanto berharap, melalui Musrenbang diperoleh masukan-masukan dari para pemangku kepentingan, termasuk peran DPRD Kabupaten Banyumas untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, guna mempercepat penyusunan rencana program pembangunan Kabupaten Banyumas 5 tahun kedepan.

Sementara Bupati Banyumas Achmad Husein dalam sambutannya menguraikan, tujuan akhir dari kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Banyumas adalah untuk mengarahkan masyarakat supaya sejahtera, dalam arti aman, tentram, tercukupi kebutuhan hidupnya, serta memiliki daya saing atau prestasi yang tidak mudah digoyahkan.

Oleh karena itu, imbuh Husein, kerangka dasar program pembangunan Kabupaten Banyumas untuk periode 5 tahun ke depan yang akan dituangkan dalam RPJMD 2013-2018, dititik beratkan pada peningkatan perekonomian agar tumbuh pesat, serta terciptanya manusia-manusia produktif dan cerdas, melalui berbagai upaya dalam berbagai sektor, diantaranya pertanian, peternakan, dan pariwisata.(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda