Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Rabu, 14 Agustus 2013

Peningkatan Kinerja Pegawai

Paska Libur Lebaran, Husein Ingatkan Motivasi Kerja Pegawai


PURWOKERTO--Paska libur Idul Fitri 1434 H/2013, Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein kembali mengingatkan motivasi kerja pegawai di Kabupaten Banyumas. Hal ini dilakukannya saat menjadi pembina apel pagi di halaman Pendopo Sipanji pada hari pertama masuk kerja, Senin (12/8). Apel pagi diikuti oleh Wakil Bupati dr Budhi Setiawan, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, serta para pejabat dan karyawan di lingkungan Setda, Setwan dan DPPKAD Kabupaten Banyumas.

Dalam amanatnya Bupati Achmad Husein mengapresiasi semangat kerja pegawai di lingkungan Setda, Setwan dan DPPKAD yang tercermin melalui tingkat kehadiran apel pagi. Menurut laporan para Kepala Bagian, hampir seluruh karyawan di masing-masing bagian hadir lengkap, hanya ada beberapa yang masih cuti, dinas dalam dan dinas luar, tetapi semua dengan keterangan yang jelas, tidak ada yang membolos.

Selanjutnya Achmad Husein meminta kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja dan motivasi kerja setelah sepekan beristirahat. Husein menggambarkan, setelah sebulan berpuasa, pegawai ibarat mobil yang telah diservis, spare part yang rusak diganti, oli-oli diganti, sehingga tidak ada alasan lagi tidak dapat berjalan. “Ibarat mobil itu sudah staternya ‘thok cer’, tinggal digas aja maka Saudara-saudara semuanya itu sudah akan melaju dengan kencang” katanya.

Perihal motivasi kerja, Husein meminta agar para pegawai tidak hanya bekerja dengan motivasi karena kebutuhan hidup saja, atau karena adanya insentif, ancaman, ketakutan dan kondisi bahaya. Menurutnya, bekerja hanya karena motivasi-motivasi tersebut biasanya tidak akan maksimal dan tidak bertahan lama. Tetapi Husein berharap pegawai bisa bekerja dengan motivasi nilai, tujuan, mimpi bersama untuk melayani masyarakat dan membuat kebaikan bagi sesama.

Lebih jauh Husein mengatakan, yang terpenting untuk menjaga kinerja adalah menyiapkan bahan bakar sebanyak mungkin di dalam jiwa kita, sehingga motivasi setiap saat bisa menyala sesuai dengan keinginan kita. “Jika hanya karena kebutuhan, insentif, ancaman, ketakutan atau kondisi bahaya saja, maka bahan bakarnya hanya ada sedikit dan cepat habis, tetapi kalau karena nilai, maka bahan bakar itu akan datang dengan sendirinya, setiap saat kita inginkan motivasi akan menyala” tuturnya.

Menutup sambutannya, dengan semangat Idul Fitri dan motivasi yang baru, Husein mengajak kepada seluruh pegawai untuk membuktikan kinerja, sehingga Idul Fitri kedepan semua bisa berkumpul dalam suasana yang sama, tetapi dalam kondisi yang jauh lebih baik, dimana masyarakat sudah senang dengan kinerja para pegawai, telah terlayani dengan baik, dan bangga dengan Kabupaten Banyumas.

Terpisah, Kabag Organisasi Setda, Herni Sulasti SH MH mengatakan, secara keseluruhan tingkat kehadiran pegawai di lingkungan Setda, Setwan dan DPPKAD sudah sangat baik. Untuk lingkup Setda misalnya, berdasarkan rekapitulasi daftar hadir, dari 181 pegawai yang ada, pegawai yang  hadir 141 orang, atau berarti ada 40 pegawai yang tidak mengikuti apel pagi. Dari jumlah tersebut 16 orang sedang mengambil cuti tahunan, dan 24 orang melaksanakan dinas dalam.

Herni menjelaskan, selama ini pihaknya diberi tugas untuk memantau dan merekap daftar kehadiran pegawai di lingkungan Setda dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan kerja pegawai, mulai dengan kewajiban mengikuti apel pagi. Menurut hasil pantauan Bagian Organisasi, upaya ini cukup berhasil, terbukti kedisiplinan pegawai terus meningkat secara signifikan.(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda