Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Senin, 12 November 2012

Kegiatan Hari Nasional



2 Jalan Sehat Digelar Sehari
Jalan Sehat HKN dan Hari Pahlawan Tahun 2012


Kurang lebih 1000 peserta yang terdiri dari para pelaku kesehatan beserta keluarga mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-48 Tahun 2012. Kegiatan jalan sehat  dilepas oleh Bupati Banyumas, Mardjoko di halaman kantor Dinas kesehatan Kabupaten, Minggu ( 11/12). Hadir dalam kegiatan tersebut para kepala Dinas/Instansi terkait dan Ketua KONI Kabupaten Banyumas.


Kegiatan jalan sehat mengambil rute Jalan Wiriatmaja, Jalan, Jendral Soedirman, Jalan Merdeka, Jalan Gatot Soebroto,  Jalan Wiriatmaja dan finish di halaman Kantor DKK. Dalam kegiatan ini bagi para peserta disediakan door prize berupa 7 sepeda, TV, laptop, kulkas dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Banyumas, dr Istanto MKes dalam laporannya mengatakan, tema "Indonesia Cinta Sehat, Ibu Selamat Anak Sehat" yang diusung pada peringatan HKN tahun 2012 dimaksudkan agar masyarakat Indonesia cinta perilaku sehat, cinta lingkungan sehat, peduli keselamatan ibu melahirkan, mengupayakan anak Indonesia yang sehat dan cerdas serta untuk memotivasi para pelaku kesehatan dan masyarakat untuk bersama-sama menurunkan angka kematian ibu dan anak serta mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera.

Iswanto juga mengurai selain kegiatan jalan sehat,  dalam peringatan HKN ke-48 tahun 2012 juga dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Verifikasi dan Sertifikasi Desa ODF (Open Defection Free) yaitu desa yang telah bebas dari buang air besar sembarangan, khususnya desa yang ada kegiatan PAMSIMAS yaitu Desa Patikraja dan Karengendep Kecamatan Patikraja, Desa Dawuhan Wetan Kecamatan Kedungbanteng, dan Desa Cirahab Kecamatan Lumbir.

Kegiatan lainnya Seleksi Tenaga Kesehatan Teladan dan Puskesmas Berprestasi, meliput kepala puskesmas inovatif, tenaga medis (dokter umum, dokter gigi), tenaga keperawatan (perawat, bidang, perawat gigi), tenaga kesehatan masyarakat (tenaga PKM, surveilan, tenaga sanitarian dan tenaga gizi), kampanye HIV/AIDS dengan tema Aku Bangga Aku Tahu, dan berbagai kegiatan olah raga, serta puncaknya berupa upacara Peringatan HKN yang dilaksanakan pada 12 Nopember 2012 di Alun-alun Purwokerto.

Sebelum kegiatan Jalan Sehat ini juga diserahkan penghargaan kepada para atlet, pelatih dan pendukung dari Kabupaten Banyumas yang telah berprestasi di PON Riau Tahun 2012, antara lain peraih emas ERIC ANGGA (Balap Sepeda), SANTI WELIYANTI (Panjat Tebing), SENA AJI (Sepak Takraw), dan para pelatih antara lain RASIWAN SH (pelatih Sepak Takraw), IWAN HERI S (Panjat tebing), dan pendukung  SADMOKO, SETIAWAN, MSi dan BRAMASTO.

Bupati Mardjoko dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan pengahrgaan yang setinggi-tinggnya kepada para atlet dan pelatih serta pendukung yang telah mengharumkan nama Kabupaten Banyumas di ajang PON Riau Tahun 2012, Mardjoko berharap pada Porprov di Kabupaten Banyumas mendatang Banyumas akan lebih berprestasi dan dapat menjadi Juara Umum.

Terkait dengan tema peringatan HKN Tahun 2012, Mardjoko mengajak kepada seluruh peserta jalan sehat dan masyarakat Banyumas untuk bersama sama-sama mewujudkan masyarakat Banyumas yang sehat dengan melakukan pola hidup sehat yang baik, sehingga dengan badan yang sehat dan bugar apapun dapat dilaksanakan dengan maksimal “yen awake sehat apa baen sing positif bisa dijalankan kanthi maksimal “ tuturnya dalam logat Banyumasan.

Jalan Sehat Hari Pahlawan


Usai melepas jalan sehat di Dinas Kesehatan,  Bupati Mardjoko melepas jalan sehat dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012 yang digelar oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Banyumas, dan dipusatkan di depan Pasar Kuliner Pratistha Harsa, diikuti oleh para pedagang beserta keluarga, masyarakat umum, Karangtaruna Kecamatan Purwokerto Timur dan jajaran pegawai Dinperindagkop Kabupaten Banyumas beserta keluarga.

Muntorihin,  kepala Dinperindagkop Kabupaten Banyumas melaporkan, jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012. Tujuannya untuk menularkan semangat kepahlawanan kepada seluruh komponen masyarakat termasuk para pedagang di Pratistha Harsa, juga untuk menciptakan pedagang dan masyarakat yang sehat sehingga maksimal dalam beraktivitas dalam berdagang. Selain itu sebagai media promosi pasar kuliner Pratistha Harsa agar lebih dikenal masyarakat sehingga ramai pembeli dan akan meningkatkan kesejahteraan para pedagang.  

Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengajak kepada seluruh peserta jalan sehat untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat Banyumas yang sehat, termasuk para pedagang sehingga nantinya dalam berdagang akan maksimal dan para pembeli merasa senang. “Dengan tubuh yang sehat dan bugar kita semua dalam beraktivitas akan lebih maksimal dan sempurna sehingga para pembeli/pelanggan akan lebih senang menerima pelayanan kita “ ungkapnya.

Mardjoko juga mengajak kepada seluruh pedagang untuk bersabar, karena secara bertahap pembangunan pasar kuliner Pratistha Harsa Blok A akan segera selesai tahun ini, tentunya akan menambah ramainya pasar kuliner ini dikunjungi pembeli.  “Saya berhadap kepada seluruh pedagang bersabar karena pembangunan Pratistha Harsa blok A Tahun ini selesai. Kita berharap setelah rampung akan menjadi ramai pembeli dan meningkatkan kesejahteraan pedagang”  pungkasnya.(wah)

4 komentar:

  1. mantapzz... rangkaian kegiatan yang sangat menarik. sayangnya tidak bisa mengikutinya karena keterbatasan waktu.

    met hari kesehatan nasional 2012. semoga masyarakat banyumas pada sehat lan waras.
    http://bms.web.id/berita-240-selamat-hari-kesehatan-nasional-2012.html

    BalasHapus

Komentar Anda