Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Kamis, 29 November 2012

Prestasi Tingkat Provinsi Bidang Lingkungan Hidup


Banyumas Raih Penghargaan Lingkungan Tingkat Provinsi Jateng


BANYUMAS--Penghujung tahun 2012 ini Kabupaten Banyumas kembali meraih penghargaan tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kali ini penghargaan diraih dari bidang lingkungan hidup. Pertama diterima oleh Kelompok Tani Sekar Mancung Desa Kemawi Kecamatan Somagede, sebagai Juara 2 lomba Kelompok Tani pengolah gula kelapa untuk Kategori Pelaku Usaha di Bidang Perkebunan. Penghargaan dari Gubernur Jateng telah diterima pada bulan Agustus 2012.



Yang kedua Kusno asal Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng sebagai Juara 2 Lomba Penghijauan dan Konservasi Alam Tahun 2012 kategori Kader Konservasi Alam. Penghargaan ini akan diserahkan oleh Gubernur Jateng pada acara Pencanangan gerakan penanaman satu milyar pohon di Karangpucung Cilacap pada tanggal 1 Desember 2012.

Demikian dituturkan Kepala Dinpertanbunhut, Ir Widarso MM di sela-sela kegiatan Pencanangan Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP) Kabupaten Banyumas Tahun 2012, Rabu (28/11) di Lapangan Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor. Dalam program tersebut ditanam sebanyak 54.000 batang pohon, diawali penanaman secara simbolis di sekitar lapangan oleh Bupati Banyumas Mardjoko, anggota Forkompinda dan para ketua Organisasi Wanita.

Widarso menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Banyumas, didukung oleh Balai Pengelolaan Daerah Air Sungai (BP DAS) Serayu Opak Progo Yogyakarta dan Kodim 0701 Banyumas tersebut dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November, dan bulan Desember sebagai Bulan Mananam Nasional.

Kegiatan tersebut sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon, selanjutnya untuk mengajak seluruh komponen bangsa agar melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

"Tujuan jangka pendek kegiatan ini untuk menambah tutupan lahan guna mencegah longsor dan banjir di Kabupaten Banyumas, menyerap karbon dioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim, dan penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan, kata Widarso.(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda