Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Kamis, 29 November 2012

Lingkungan Hidup


Banyumas Tanam 3.355.224 Pohon
Dukung Program Penanaman 1 Milyar Pohon dan GPTPP


BANYUMAS--Dalam rangkaian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada 28 November, dan Desember sebagai Bulan Mananam nasional tahun 2012, Pemkab Banyumas melalui Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dinpertanbunhut) didukung oleh Balai Pengelolaan Daerah Air Sungai (BP DAS) Serayu Opak Progo Yogyakarta dan Kodim 0701 Banyumas, Rabu (28/11) melaksanakan kegiatan Pencanangan Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTPP).



Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor tersebut dihadiri lebih kurang 400 orang, dari unsur dinas/instansi di Kabupaten Banyumas, Organisasi Wanita, TNI, Pramuka Saka Wana Bhakti dan masyarakat sekitar. Dalam kegiatan tersebut Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM melakukan penanaman pohon secara simbolis, diikuti anggota Forkompinda Kabupaten Banyumas dan para ketua Organisasi Wanita. Bupati juga menyerahkan bibit tanaman kepada beberapa tokoh masyarakat.

Kepala Dinpertanbunhut, Ir Widarso MM menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon, selanjutnya mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.

Adapun secara spesifik, tujuannya adalah untuk menambah tutupan lahan guna mencegah longsor dan banjir di Kabupaten Banyumas di musim hujan, menyerap karbon dioksida akibat dari mitigasi perubahan iklim dan penyediaan bahan baku industri pengolahan kayu, pangan dan energi terbarukan.

Widarso menuturkan, tanaman yang ditanam di Desa Kaliori sebanyak 54.000 batang, berasal dari bibit kegiatan Kebun Bibit Rakyat 50.000 batang berupa bibit jati 20.000 batang dan alba 30.000 batang. Selanjutnya bantuan APBD Kabupaten Banyumas 1.800 batang berupa jati 1.000 batang, dan akasia mangium 800 batang; bantuan dari BP DAS Serayu Opak Progo 2.200 batang berupa bibit jati 1.000 batang, akasia 1.000 batang, pete 50 batang, durian 50 batang, mangga 50 batang dan pala 50 batang.

Hingga saat ini (November 2012), kata Widarso, jumlah pohon ditanam secara keseluruhan di Kabupaten Banyumas sejumlah 3.355.224 batang, terdiri dari 2.298.072 batang dari APBN, APBD Provinsi dan  APBD Kabupaten Banyumas; sisanya 1.057.152 batang bantuan dari Perum Perhutani Wilayah Banyumas, perbankan, BUMN/BUMD, dan pengusaha kayu. Dari jumlah tersebut digunakan untuk kegiatan GPTPP sebanyak 13.900 batang, terdiri dari pohon pete 3.850 batang, mangga 6.750 batang, durian 1.350 batang dan pala 1.950 batang.

Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman pohon merupakan wujud kebersamaan pemerintah dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan Banyumas Hijau.  Kebersamaan seperti ini, kata Mardjoko perlu terus dibina dan dikembangkan, sehingga masyarakat semakin sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang baik, dan akhirnya dengan kesadaran sendiri berperan aktif dalam  rehabilitasi hutan dan lahan.

Mardjoko berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat swadaya masyarakat, yang menjadi esensi dalam seluruh program gerakan penanaman pohon yang telah diluncurkan oleh pemerintah, baik melalui Kementerian Kehutanan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam rangka perbaikan lahan kritis dan penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Di akhir sambutannya Mardjoko mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kegiatan ini, dan bersama-sama memelihara pohon-pohon yang telah ditanam, karena selain dapat mencegah longsor dan banjir, pohon-pohon tersebut juga dapat menyediakan sumber air bersih di musim kemarau. Hal ini juga secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh kepada peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Banyumas.(sbr)

1 komentar:

  1. Salam. Izin promosi ya gan. Terima kasih
    OKEYPROFITS meningkatkan taraf hidup masyarakat.

    Daftar

    Disini


    Atau Copy Paste URL ini
    http://okeyprofits.com/register.php?ref=wijayaprofit

    Referensi
    APLIKASI

    Gabung jadi referral saya. Bonus 20% untuk anda.
    Masuk 1 Juta menjadi Rp. 1.200.000
    UPLINE
    0812 6996 2117

    BalasHapus

Komentar Anda