Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Senin, 19 November 2012

Siaga Bencana



TAGANA Kabupaten Banyumas Dilantik


BANYUMAS--Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM melantik Tim Koordinator Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Banyumas Periode 2012-2015, di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Banyumas di Jalan Raya Pabuaran-Baturraden, Minggu (18/11). Pengurus yang dilantik adalah Koordinator TAGANA, Mas Endarto NAP SH dan 45 anggota lainnya.


Bupati Mardjoko dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Banyumas mempunyai wilayah yang luas dengan kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang rawan terhadap terjadinya bencana. Oleh karenanya penanganan bencana perlu dilakukan secara sistematis, terpadu dan terkoordinasi.

“Pemuda sebagai salah satu elemen masyarakat, sudah sepantasnya turut ambil bagian, diantaranya menjadi tenaga relawan dari masyarakat yang memiliki kepedulian dan aktif dalam penanggulangan bencana” kata Mardjoko.

Mardjoko berpesan agar pada musim hujan seperti sekarang ini Tagana siap 24 jam dalam hal penangulangan bencana, dibawah koordinasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas.

“Selain itu kalian harus meningkatkan kemampuan SDM, baik fisik maupun mental, sehingga pada saat terjadinya bencana, Saudara benar-benar bisa menjadi bagian dari tim penyelamat” pesannya.

Koordinator Tagana, Mas Endarto mengatakan, TAGANA pada hakekatnya adalah wadah berhimpun seluruh kekuatan komponen penanggulangan bencana berbasis masyarakat, khususnya dari unsur generasi muda yang dibentuk oleh Dinsosnakertrans. ”Kami siap melaksanakan pesan Bupati jika terjadi bencana di Wilayah Kabupaten Banyumas” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinsosnakertrans, Drs Nooryono MSi melaporkan tentang kesiapan elemen masyarakat dibawah koordinasi instansi yang dipimpinnya antara lain Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karangtaruna, Tagana dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dalam penanggulangan bencana, termasuk penanganan masalah sosial.

”Tim-tim ini telah siap bertugas. Yang terdekat, pada bulan Desember nanti semua tim akan melaksanakan kegiatan berupa program ”Bedah 100 Rumah” di Desa Banjarsari Kecamatan Ajibarang, tutur Nooryono.(Tommy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda