Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Rabu, 21 November 2012

Pembangunan



Jalan Alasmalang-Karangsalam Diresmikan


BANYUMAS--Pelebaran jalan yang menghubungkan Desa Alasmalang dengan Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen telah rampung. Peresmian dilakukan oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM, Rabu (21/11). Jalan sepanjang 2,9 km yang merupakan bagian dari jalan tembus Karangjati (Kecamatan Kemranjen) – Sokawera (Kecamatan Somagede) tersebut kini menjadi jalan alternatif baru Yogyakarta-Purwokerto, selain jalur melewati Buntu-Banyumas yang selama ini banyak digunakan.


Menurut keterangan Camat Kemranjen, Totot Subagyo SSos MM, pelebaran jalan yang mulai dicanangkan sejak tanggal 27 Juli 2011 tersebut telah menghabiskan dana sebesar 3,44 milyar. Dari jumlah tersebut, 3,29 milyar digunakan untuk pekerjaan pengaspalan dan pengerukan drainase, sedangkan sisanya untuk biaya awal pelebaran jalan. Jalan yang semula hanya selebar 5 meter (aspal 3 meter) sekarang lebarnya menjadi 8 meter (aspal 5 meter).

Totot menjelaskan, pelebaran jalan dapat terealisasi berkat dukungan Pemkab Banyumas dan swadaya masyarakat setempat, yang telah merelakan tanah mereka yang berada di kanan kiri jalan. Masing-masing pemilik rata-rata menyumbangkan antara 1,5-2 m sepanjang jalan yang dilebarkan. Swadaya tersebut jika diungkan bernilai kurang lebih 800 juta dengan asumsi harga tanah 500 ribu – 1 juta per ubin.

Meskipun secara umum jalan tersebut telah dapat digunakan, Totot berharap sisa pekerjaan berupa drainase di kanan-kiri jalan dapat diselesaikan dengan dukungan dana dari Pemkab pada tahun anggaran 2013. Selain itu, dukungan infrastruktur berupa Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sepanjang jalan tersebut juga diharapkan segera dipasang oleh dinas terkait, sehingga jalan tersebut segera dapat difungsikan secara normal.

Terkait harapan Totot ini, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kabupaten Banyumas, Ir Irawadi CES berjanji menjadikan penyelesaian drainase jalan tersebut skala prioritas pada tahun anggaran 2013. Sementara Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir Anton Adi Wahyono juga mengatakan akan menganggarkan pemasangan LPJU pada tahun anggaran yang sama.

Usai acara peresmian, Bupati Mardjoko menyampaikan terima kasih kepada segenap masyarakat, atas dukungan sehingga proyek tersebut dapat diselesaikan. Mardjoko mengatakan, pelebaran jalan Alasmalang-Karangsalam salah satu wujud perhatian pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Banyumas, khususnya masyarakat di Kecamatan Kemranjen. Kepada masyarakat Mardjoko meminta, setelah selesai, fasilitas tersebut supaya digunakan dengan baik, dan semua pihak tekait mau merawatnya dengan penuh tanggung jawab.

Selanjutnya Mardjoko mengajak kepada segenap masyarakat untuk terus mendukung program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah, dan turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan pembangunan. Mardjoko juga berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan, terkait pelaksanaan Pilkada Banyumas yang akan dilaksanakan tidak lama lagi. “Mari kita jaga kerukunan dan kekompakan yang telah terbangun, jangan sampai gara-gara Pilkada semuanya rusak”, pesannya.(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda