Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Selasa, 04 Desember 2012

KTP Elektronik


Sepuluh Besar Nasional, Perekaman E-KTP Banyumas Diapresiasi Mendagri
Hasil Perekaman Riil Mencapai 94,20%

Ilustrasi

HUMAS BMS--Komitmen yang kuat dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) serta jajaran kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas, dengan segenap masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan perekaman e-KTP membuahkan keberhasilan dan prestasi yang patut dibanggakan.



Kerja keras yang telah dilakukan di 27 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas selama 5 bulan sejak April sampai dengan September 2012 telah menghasilkan capaian perekaman data e-KTP secara keseluruhan hingga 94,20%. Jumlah ini menempatkan Kabupaten Banyumas di posisi ke-10 kabupaten/kota dengan jumlah perekaman e-KTP terbanyak secara nasional, sehingga mengantarkan Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri RI.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Mendagri, Gamawan Fauzi kepada Staf Ahli Bupati Banyumas Bidang Ekonomi dan Keuangan, Irawati SE mewakili Bupati Banyumas, pada tanggal 29 November 2012 di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Penyerahan Daftar Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah kepada KPU, KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota, di Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat.

Penyerahan penghargaan disaksikan oleh para peserta rakor yang terdiri dari Sekretaris Jenderal Kementrian dan Lembaga Non Departemen RI, para Gubernur dan Kepala Biro/Dinas yang menangani urusan kependudukan dan pencatatan sipil dari 33 provinsi di seluruh Indonesia, juga para Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di seluruh Indonesia.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas, Ratimin SSos MHum menjelaskan, berdasarkan hasil rekapitulasi Dindukcapil hingga tanggal 3 Desember 2012, hasil perekaman data e-KTP dari masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Banyumas secara riil (off line) mencapai 1.195.503 orang (94,20%), dari jumlah kuota e-KTP sebanyak 1.269.162 orang. Tingkat pencapaian per kecamatan berkisar antara 80,70% hingga 94,95%.

Keberhasilan ini kata Ratimin, tidak terlepas dari kerjasama dan sinergi yang baik antar berbagai pihak terkait. Ratimin menuturkan, berbagai upaya yang telah dilakukan pemkab dimulai dengan melakukan publikasi kepada masyarakat, diantaranya menggunakan mobil publikasi keliling milik pemkab. Selanjutnya inventarisasi pelaksana pencatatan melalui rapat-rapat koordinasi, untuk kemudian dilakukan persiapan, launching dan pelaksanaan pencatatan di masing-masing kecamatan.

Banyumas beruntung menerima alat-alat dan sarana pendukung lebih awal dibanding daerah-daerah lain, karena keberhasilan dalam menjalin koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan Kemendagri. Secara khusus Ratimin juga mengapresiasi kinerja para camat beserta jajarannya sampai tingkat desa/kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Banyumas, atas komitmen dan kerja keras mereka sebagai ujung tombak pelaksanaan perekaman data di masing-masing kecamatan.

Selanjutnya Ratimin juga mengatakan, kesuksesan ini tidak terlepas dari kebijakan bupati, berupa instruksi kepada jajaran dinas/instansi terkait untuk dapat menyelesaikan program pemerintah ini sesuai target yang telah ditetapkan. Dukungan pemkab juga diwujudkan dengan memberikan bantuan biaya operasional untuk pelayanan perekaman data e-KTP dengan jumlah yang terbesar di Provinsi Jawa Tengah, yaitu mencapai 4 milyar lebih.

Untuk mendukung percepatan perekaman data juga dilakukan kebijakan jemput bola, dengan mendatangi langsung para wajib e-KTP yang mengalami kesulitan untuk datang ke tempat-tempat perekaman e-KTP yang telah ditetapkan.(sbr)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda