Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Kamis, 29 Agustus 2013

Pelantikan Pejabat Pemkab

Jabatan Sekwan Resmi Definitif

PURWOKERTO--Setelah sekian lama dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt), jabatan Sekretaris DPRD Kabupaten Banyumas akhirnya didefinitifkan. Drs Yuniyanto MM yang semula Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) (eselon III/a) dan Plt Setwan sejak 8 Juli 2013, Rabu (28/8) resmi dilantik menjadi Sekwan (eselon II/b).


Pengambilan sumpah dan pelantikan Sekwan dilakukan oleh Wakil Bupati Banyumas, dr Budhi Setiawan, Rabu (28/8) di Graha Satria Kabupaten Banyumas. Pelantikan dihadiri antara lain oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Juli Krisdiyanto SE beserta para Wakil Ketua DPRD, Sekda, Staf Ahli dan Kepala Dinas/Lemtekda dan camat se-Kabupaten Banyumas.

Selain Yuniyanto yang mendapat promosi jabatan, 2 pejabat struktural lainnya yang mengalami rotasi pada eselon yang sama adalah Drs Prasetyo Budi Widodo dan Endang Suliswati SH. Prasetyo yang semula Sekretaris KPU eselon III/a mengisi posisi Kepala Harian BPBD, sedangkan Endang yang sebelumnya Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik Sekretariat KPU menjadi Kasi Penyimpanan dan Perubahan Akta Dindukcapil Kabupaten Banyumas.

Kabid Pengadaan, Pengembangan Jabatan BKD Kabupaten Banyumas, Drs Hirawan Danan Putra MSi mengatakan, pelantikan kali ini untuk memaksimalkan kinerja di Sekretariat DPRD yang selama ini kosong dan hanya ditempati Plt, sedangkan mutasi 2 Pejabat di KPU adalah untuk penyegaran setelah keduanya menjalankan tugas di KPU selama 7 tahun. Hal ini katanya sesuai dengan aturan PP 100 Tahun 2000 tentang Jabatan Struktural.

Bupati Banyumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabup Budhi Setiawan mengatakan, dalam birokrasi pemerintahan, pelantikan pejabat struktural, baik rotasi/mutasi maupun promosi pejabat merupakan suatu hal yang biasa, bahkan memiliki peranan yang sangat penting bagi kepentingan organisasi, kepentingan pejabat yang bersangkutan, dan kepentingan publik.

"Jabatan adalah amanat yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, yaitu dengan segera melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan semua elemen dalam SKPD/unit kerja Saudara, serta melakukan orientasi tugas dengan mempelajari dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi dalam jabatan yang baru," katanya.

Mengakhiri sambutannya bupati menyampaikan 6 pesan kepada para pejabat yang baru dilantik, yaitu agar pertama, mereka dapat bekerja dengan penuh dedikasi, disiplin, dan profesional, disertai tekad lempeng goli mimpin, mempeng goli nyambut gawe, sesuai  tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab dalam jabatan, serta mematuhi semua ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku.

Kedua, membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua elemen organisasi, agar tercipta iklim kerja yang dinamis, sejuk, dan kondusif di lingkungan kerja, serta bisa menempatkan diri sebagai unsur staf yang loyal terhadap pimpinan, dan mau bekerjasama dengan rekan kerja se-eselon di SKPD/unit kerja, maupun dengan unsur staf yang lain.

Ketiga, bisa menjadi contoh/teladan bagi staf dalam bekerja, berpola pikir, pola sikap, pola tindak. Keempat, apabila menghadapi suatu permasalahan, segera cari solusi dengan menggunakan jalur-jalur birokrasi yang ada, termasuk memberikan laporan kepada pimpinan. Kelima, pelajari dan pahami ketentuan peraturan perundangan-undangan tentang kepegawaian

Keenam
, pejabat struktural dituntut memiliki kemampuan manajerial, baik administrasi, manajemen, maupun kemampuan teknis operasional, sesuai dengan kapasitas jabatannya. Oleh karena itu, pejabat struktural harus terus meningkatkan pengetahuan dan kompetensi, sehingga dalam bekerja tidak melampaui kewenangan, tetapi sesuai dengan kapasitas, tanggung jawabnya.(wah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda