IKM Baik, PDAM Banyumas
Peroleh Perpamsi Award 2013.
“Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap keseluruhan layanan PDAM Kabupaten
Banyumas adalah baik berdasarkan survei
IKM yang dilakukan oleh Reads Consultant Purwokerto yang menunjukan bahwa
kualitas dan mutu pelayanan PDAM Banyumas adalah baik “ demikian disampaikan oleh direktur utama PDAM
Agus Subali ,SE,Ak di conferensi Pers di kantornya senin (2/12) kemarin,
Disamping
IKM dengan predikat baik, PDAM Banyumas
juga sebagai PDAM terbaik kedua nasional
dan mendapatkan PERPAMSI AWARD 2013 untuk kelompok pelanggan 50.000 s.d 100.000
setelah PDAM Bandung sebagai terbaik pertama dan dibawahnya PDAM Wonosobo
sebagai terbaik ketiga berdasarkan hasil penilaian tim independen yang terdiri
dari unsur yang mewakili kementrian PU, Bappenas, Kementrian keuangan,
Kementrian Dalam Negeri, dan Badan Pendukung Peningkatan Sistem Penyediaan Air
Minum ( BPPSPAM)
Penghargaan
PERPAMSI AWARD 2013 diberikan dalam Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum
Nasional (Mapamnas) XII di Kota Palembang tanggal 27-29 november 2013 kepada
PDAM yang memenuhi kreteria yang telah ditentukan anatara lain berhasil
meningkatkan kinerjanya secara konsisten, dinyatakan sehat dan berkinerja baik
selama tiga tahun berturut-turut, dan dimaksudkan sebagai upaya Perpamsi untuk
mendorong agar seluruh PDAM menjadi sehat dan dapat menyalurkan air ke
masyarakat secara optimal.
sementara
terkait predikat baik hasil survai terhadap IKM, agus menambahkan, survei dilakukan
pada saat musim kemarau dan musim penghujan pada tahun 2013 terhadap 2.500
sampel responden yang terdistribusi secara proporsional sesuai jumlah pelanggan
di setiap wilayah pelayanan yang meliputi 18 unsur layanan utama antara lain
aliran air, kualitas air, kuantitas air, tekanan air, sikap petugas pembaca
meter air, pencatatan jumlah pemakaian air, kondisi meter air, jadwal
pembayaran, jumlah pembayaran, ketersediaan loket pembayaran, sikap petugas
loket, model antrian, prosedur pembayaran, pembayaran tunggakan, mekanisme
laporan gangguan, lamanya waktu perbaikan, kemampuan petugas perbaikan dan
komunikasi pelanggan dengan PDAM.
Agus juga
menambahkan, untuk memenuhi harapan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sampai
dengan 2015 akan dilaksankan berbagai program antara lain pembangunan Deep Well
(Pompa Sumur Dalam) di kompleks perumahan Griya Satria Mandala Tama Purwokerto,
pemasangan pompa boster di Jipang untuk optimalisasi pelayanan air minum di
wilayah pelayanan Purwokerto Barat, Pemasangan Filtrasi (saringan penjernih air
) di Pabuaran untuk meningkatkan kualitas air di wilayah pelayanan Pabuaran,
Grendeng, Karangwangkal dan sekitarnya. dan di kantor pusat PDAM untuk wilayah
Bancarkembar dan sekitarnya.
Pemanfaatan
sumber mata air tonjong Ajibaran untuk
layanan di wilayah ajibarang dan pemanfaatan sumber mata air Cideng dan Rancah
untuk optimalisasi pelayanan air minum diwilayah pelayanan Ajibarang, pemanfaatan
sumber mata air Kesegeran di Pekuncen untuk peningkatan kualitas pelayanan di wilayah Pekuncen dan Ajibarang dan
peningkatan kapasitas pemanfaatan sumber mata air Karangtengah Cilongok dan
pembangunan reservoir kapasitas 500 M3 untuk optimalisasi pelayanan air minum
wilayah cilongok dan sekitarnya. serta peningkatan kapasitas pemanfaatan mata
air Kaliumbul Ajibarang untuk optimalisasi pelayanan air minum di wilayah
wangon, purwojati dan jatilawang
Disamping pemanfaatan berbagai sumber
mata air PDAM juga akan meningkatkan kapasitas produksi Instalasi Pengolahan
Air (IPA ) Sidabowa, Pembangunan IPA kapasitas 250 liter/detik di Gunung Tugel,
pembangunan system penyediaan air minum ibu kota Kecamatan (SPAM IKK)
Kemranjen, pemasangan sambungan rumah untuk masyarkat berpenghasilan rendah
(MBR) di wil Ajibarang, Pekuncen, Purwojati, Jatilawang, Wangon, Patikraja,
Banyumas dan Kemranjen, Layanan Drive Thru pembayaran rekening di kompleks
kantor pusat PDAM dan membuat layanan pengduan melalui SMS ke direksi PDAM 24
jam serta pembentukan Unit nReaksi Cepat
Layanan Pengaduan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar Anda