Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Senin, 08 April 2013

Banyumas Extravaganza 2013


Ratusan Ribu Penonton Saksikan Banyumas Extravaganza
Rangkaian Peringatan HUT ke-431 Kabupaten Banyumas

Salah satu peserta pawai budaya Banyumas Extravaganza 2013
BANYUMAS—Ratusan ribuan orang dari berbagai daerah di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Minggu (7/4) memadati beberapa ruas jalan Kota Purwokerto, mulai Gedung Bioskop Rajawali 21 hingga Alun-alun Purwokerto, yang merupakan rute pawai budaya bertajuk “Banyumas Extravaganza 2013.” Rombongan pawai diberangkatkan dengan pengibaran bendera start oleh Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM.


Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas ini menjadi gelaran akbar dan spektakuler, karena diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta dari jajaran pemkab, dinas, kecamatan, kelurahan, pengusaha, akademisi, serta tokoh dan aktivis seni dan budaya. Event ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jateng, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten se-Jateng, serta pengusaha Biro Perjalanan se Jateng, Jabar dan DIY.

Kreasi yang ditampilkan antara lain kesenian tradisional, busana batik, marching band, dan rumah kreasi. Dalam acara tersebut juga tampil sekitar 200 tokoh ikon Banyumas, Bawor, yang diperankan oleh perwakilan SKPD dan instansi lainnya. Tidak ketinggalan, 431 siswi SMA se-Purwokerto ikut andil menjadi ‘bidadari’ pawai, melambangkan 431 tahun usia Kabupaten Banyumas. Semua mengenakan busana batik Banyumas dengan berbagai corak dan model.

Pagelaran diawali dengan karnaval sepeda onthel yang diikuti sekitar 500 sepeda kuno, disusul dengan karnaval batik Banyumasan yang menampilkan busana unik beragam corak, diperagakan ratusan remaja putri dari berbagai sekolah di Kabupaten Banyumas. Selain itu, ditampilkan pula busana bercorak batik Banyumasan hasil karya desainer asal Banyumas, Anto Djamil.

Selanjutnya perwakilan dari masing-masing kelompok peserta diberi kesempatan untuk menampilkan kreativitas/atraksi selama 2 menit, di depan panggung kehormatan di sebelah Selatan Alun-alun Purwokerto, disaksikan oleh bupati, wabup dan para pajabat Kabupaten Banyumas, serta para tamu undangan dari berbagai daerah. Penampilan tersebut sekaligus melengkapi unsur-unsur penilaian bagi para peserta pawai yang memang dilombakan.

Dalam kesempatan tersebut rombongan peserta dari 27 kecamatan di Kabupaten Banyumas menampilkan berbagai atraksi kesenian tradisional seperti seni kenthongan, begalan, sendratari Kamandaka, canthingan, buncis, genthoakan, cowong, dolanan anak, gubrag lesung, dan lain-lain.

Hasil penilaian juri, tampil sebagai juara pertama untuk Kelompok Sekolah, SMAN Sokaraja, disusul SMKN 3 Purwokerto di posisi kedua, dan SMAN Ajibarang di posisi ketiga. Untuk kelompok Umum, Juara 1 PDAM Kabupaten Banyumas, Juara 2 PT KAI DAOP V Purwokerto, dan Juara 3 DPC HARPI Kabupaten Banyumas. Sementara untuk kelompok unsur PHRI, terbaik 1 diraih Rumah Makan Pring Sewu, disusul Hotel Horison dan Rumah Makan Sederhana.

Dukung Visit Jateng 2013

Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM mengungkapkan, event yang digelar dalam rangka HUT ke-431 Kabupaten Banyumas itu sekaligus menandai peluncuran program Purwokerto City of Holiday yang merupakan salah satu upaya peningkatan sektor pariwisata di Kabupaten Banyumas, juga dalam rangka turut mendukung program pariwisata Jawa Tengah, “Visit Jateng 2013”.
“Pangarepanku, seni budaya sing wis dijaga, bisa terus dilestarikna mengarépé,” kata Mardjoko dalam logat Jawa Banyumasan yang kental. “Ayuh bareng-bareng seni budaya dilestarikena, bén bisa nggugah minat wisatawan mengénéh,” lanjutnya. Mardjoko berharap, pelestarian budaya seperti melalui Banyumas Extravaganza ini bisa berimbas baik terhadap peningkatan sendi perekonomian masyarakat Banyumas.

Sementara Ketua Panitia Hari Jadi Banyumas ke-431 yang juga Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra (Asekbang Kesra) Sekda Kabupaten Banyumas, Ir Tjutjun Sunarti Rochidie MSi menyampaikan terima kasih atas tingginya partisipasi masyarakat Banyumas dan sekitarnya, atas sukses penyelenggaraan pawai budaya Banyumas Extravaganza 2013, dan seluruh rangkaian peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas secara umum.

Sebagaimana diketahui, rangkaian peringatan Hari Jadi ke-431 Kabupaten Banyumas Tahun 2013 dilaksanakan selama 5 hari, mulai Rabu s/d Minggu (3-7 April 2013). Kegiatan dimulai Rabu (3/4) berupa ziarah ke Makam Adipati Warga Utama II (Raden Djoko Kaiman), Bupati Banyumas pertama, di Komplek Makam Dawuhan Kecamatan Banyumas, dilanjutkan tasyakuran di Pendopo Duplikat Sipanji Kecamatan Banyumas.

Hari kedua, Kamis (4/3) digelar Kirab Prosesi Pusaka dari Pendopo Wakil Bupati ke Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Hari Jum’at (5/4) diselenggarakan jalan sehat dengan start dan finish di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto. Sabtu (6/4) dilaksanakan upacara puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas di Alun-alun Purwokerto dilanjutkan Sidang Istimewa DPRD di Gedung DPRD Kabupaten Banyumas. Kegiatan ditutup dengan pawai budaya, Banyumas Extravaganza 2013, Minggu (7/4).■(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda