Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Jumat, 12 April 2013

Kepemimpinan Baru Banyumas


Bupati dan Wakil Bupati Banyumas Dilantik


PURWOKERTO--Bupati dan Wakil Bupati Banyumas terpilih, Ir Achmad Husein dan dr Budhi Setiawan, Kamis (11/4) diambil sumpah jabatannya dan dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilakukan melalui Sidang Paripurna Istimewa DPRD, bertempat di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas.


Dalam waktu yang sama juga dilakukan serah terima jabatan bupati dan buku memori jabatan, dari Drs Mardjoko MM, pejabat bupati lama (periode 2008-2013) kepada Ir Achmad Husein selaku bupati baru, yang akan memimpin banyumas untuk masa 5 tahun mendatang (2013-2018).

Gubernur Bibit Waluyo mengucapkan selamat kepada Achmad Husein dan Budhi Setiawan, serta seluruh rakyat Banyumas karena pesta demokrasi di Banyumas telah selesai dengan lancar, aman dan sukses. Bibit mengajak kepada seluruh rakyat Banyumas untuk mendukung kepemimpinan Husein-Budhi, agar dapat mengelola dan memberdayakan potensi Banyumas dengan baik.

Bibit Waluyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM beserta Ibu Kusmiarsih Mardjoko, yang telah memimpin dan mengatur Banyumas selama lima tahun terakhir, dan telah mencapai banyak keberhasilan sehingga menjadikan Kabupaten Banyumas semakin sejahtera dan maju.

Kepada pemimpin baru Banyumas Bibit mengingatkan, Kabupaten Banyumas memiliki potensi wilayah yang banyak sekali. Oleh karenanya, keberhasilan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Banyumas tergantung bagaimana pemimpin-pemimpinnya bisa memberdayakan potensi-potensi tersebut secara optimal.

Berbagai keberhasilan, katanya, telah dicapai oleh Provinsi Jawa Tengah. Diantaranya, pertumbuhan ekonomi Jateng mencapai 6,43%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang baru 6,2%. Bukan itu saja, angka kemiskinan di Jateng turun sampai dengan 14% dan inflasi hanya 4,3%. Ini semua, katanya juga karena peran Kabupaten Banyumas di dalamnya.

Oleh karena itu Bibit meminta agar berbagai keberhasilan yang telah dicapai oleh Kabupaten Banyumas melalui kerja keras Mardjoko dapat dipertahankan, bahkan harus terus ditingkatkan, karena kedepan beban kerja akan semakin berat.

Kepada dr Budhi Setiawan, secara khusus Gubernur berpesan. Wakil adalah “awak dan sikil (badan dan kaki)”, maka seorang wakil bupati harus menjadi penopang dan pendukung kinerja bupati, sebagaimana leher yang harus menopang kepala agar tetap tegak. “Meskipun leher tidak punya mata, hidung dan telinga, tetapi tugas leher amat berat” katanya mengumpamakan.

Tidak lupa, gubernur juga berpesan agar dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Banyumas, unsur pemerintah dan DPRD dapat bekerjasama dengan rukun, tidak saling menjegal, tidak saling menjatuhkan, dan semua bekerja untuk satu tujuan bersama, mewujudkan keserjahteraan rakyat Banyumas.

Di akhir sambutannya Bibit mengingatkan, Indonesia, Jawa Tengah dan Banyumas saat ini tengah memasuk tahun politik, karena dalam waktu dekat akan segera datang pesta demokrasi (pileg, pilpres dan pilgub). Untuk itu dirinya meminta agar rakyat Banyumas dapat menggunakan hati dan pikiran yang jernih, sehingga nantinya dapat menyalurkan aspirasi politiknya dengan baik agar tidak salah pilih, dan mendapatkan pemimpin yang baik.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan yang dibuka dan ditutup oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, Juli Krisdiyanto SE tersebut dihadiri oleh 2.000 orang tamu undangan lebih, dan didukung 799 personil petugas keamanan dari berbagai unsur.

Undangan yang hadir meliputi pejabat pemerintah pusat, pejabat provinsi, bupati/kepala daerah dan ketua DPRD tetangga, Forkompinda Kabupaten Banyumas, para pimpinan instansi vertikal, rektor/pejabat Perguruan Tinggi, kepala dinas/kantor, keluarga bupati dan wakil bupati, kepala desa, kepala sekolah, dan utusan parpol.

Acara dimulai dengan pembacaan SK Mendagri RI oleh Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Banyumas, pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan oleh gubernur atas nama Presiden RI,  serah terima jabatan bupati, dan penyerahan piagam penghargaan dari gubernur kepada Drs Mardjoko MM.

Di akhir acara dilakukan pemberian ucapan selamat kepada pejabat bupati baru dan lama yang didampingi istri masing-masing, berturut-turut oleh Gubernur Bibit Waluyo beserta istri, diikuti tamu undangan pusat, undangan provinsi, pimpinan dan anggota DPRD serta unsur Forkompinda Kabupaten Banyumas.

Kegiatan dirangkai dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Hj. Erna Achmad Husein, oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Hj  Sri Bibit Waluyo, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banyumas.■(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda