Informasi Umum

Foto saya
Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
Salah satu bagian dalam struktur organisasi di bawah Sekretariat Daerah Kabupaten Banyumas, Alamat : Jl. Kabupaten No.1 Purwokerto, Telp/fax (0281) 636733, e-mail : humas_bms@yahoo.com, website resmi Pemkab Banyumas : www.banyumaskab.go.id

Info Terkini

Video Lengger Calung Banyumas tampil di Istana Merdeka Jakarta dapat diunduh DISINI

Sabtu, 13 April 2013

Kerukunan Umat Beragama


Kerukunan Umat Beragama Banyumas Jadi Contoh di Jawa Tengah
Peresmian Kantor FKUB Banyumas oleh Gubernur Jateng 

Gubernur Jateng, Bibit Waluyo menandatangani prasasti peresmian Kantor Sekretariat
FKUB Kabupaten Banyumas, disaksikan oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein,
Ketua FKUB, Dr Roqib dan Ketua Panitia, Sutanto.
36 tokoh agama dan Kepercayaan terhadap Tuhan YME, anggota FKUB Kabupaten
Banyumas dikirab menggunakan dokar, dari halaman Makodim 0701 Banyumas
PURWOKERTO—Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo mengatakan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas adalah sebuah forum yang sangat baik yang bisa mendorong terwujudnya kedamaian di Banyumas, Jawa Tengah, bahkan Indonesia. FKUB Kabupaten Banyumas bahkan bisa dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain di Provinsi Jawa Tengah.

Demikian diungkapkan Gubernur Bibit Waluyo, Kamis (11/4) saat meresmikan kantor sekretariat FKUB Kabupaten Banyumas yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Purwokerto, setelah sebelumnya mengambil sumpah dan melantik Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein dan dr Budhi Setiawan di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, tidak jauh dari lokasi peresmian.
Di bagian lain, Bibit mengingatkan tentang pentingnya ideologi Pancasila. Menurutnya, Pancasila adalah alat yang ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dengan berbagai keragamannya. “FKUB adalah salah satu wujud pelaksanaan Pancasila, yaitu Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa” tegasnya.
Bibit berharap, keberadaan kantor sekretariat yang baru dapat meningkatkan kinerja para pengurus FKUB Kabupaten Banyumas, dan berpesan agar keberadaan FKUB terus dijaga dan dikembangkan agar terwujud kerukunan dan kekompakan antar masyarakat dari berbagai keragaman keyakinan, sebagai prasyarat terciptanya kedamaian guna mewujudkan kesejahteraan rakyat Banyumas dan Jawa Tengah.
Hal senada juga diungkapkan oleh Inayah Abdurrahman Wachid, putri mendiang Gusdur. Dalam kesempatan berbicara Inayah menyampaikan pesan yang diamanatkan Gusdur. “Yang namanya perbedaan itu penting dan harus ada. Dengan segala perbedaan justru kita bisa memenuhi segala bentuk keperluan untuk menjalani kehidupan” katanya. “Perdamaian antara umat beragama adalah ketika kita bisa berdiri di atas kepentingan semua umat dan golongan” imbuhnya.
Selain Gubernur Bibit Waluyo dan Inayah Abdurrahman Wachid, peresmian kantor sekretariat FKUB Banyumas hari itu juga dihadiri oleh anggota DPD RI Poppy Dharsono, Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Kapolres Banyumas, Dandim 0701 Banyumas, para tokoh agama, pengusaha, kader-kader ormas keagamaan, serta masyarakat Kota Purwokerto dan sekitarnya dengan jumlah ribuan orang.
Persemian diawali dengan kirab tokoh-tokoh agama dan kepercayaan dengan pakaian kebesaran masing-masing, menggunakan 38 dokar/delman dengan start dari Makodim 0701 Banyumas. Rute kirab melalui Alun-alun Purwokerto, perempatan Srimaya, perempatan Hotel Aston, Jl dr Angka, dan finish di Jl Ahmad Yani. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Barongsai, Hadroh, Kenthongan dan Kuda Lumping.
Ketua FKUB Kabupaten Banyumas, Dr Mohammad Roqib MAg menjelaskan, peresmian kantor FKUB Kabupaten Banyumas dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi kepada para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh masyarakat di Kabupaten Banyumas tentang keberadaan dan kegiatan forum kerukunan umat beragama di Kabupaten Banyumas.
Tujuannya, kata dosen STAIN Purwokerto ini, untuk menandai secara resmi penggunaan kantor sekretariat tersebut sebagai pusat kegiatan dan wadah koordinasi antar tokoh dan warga elemen FKUB Kabupaten Banyumas dalam melaksanakan kegiatan dan program-program yang telah direncanakan, sekaligus syukuran untuk Bupati dan Wakil Bupati Banyumas yang baru dilantik, karena mereka sekaligus sebagai Ketua Dewan Penasehat FKUB.

36 Elemen, 7 Iman
Mengenai ribuan massa yang hadir Roqib menjelaskan,  mereka adalah umat dan warga dari unsur agama dan Kepercayaan Kepada Tuhan YME yang hadir berasal dari 36 unsur agama dan ormas, dari 7 iman yang tergabung dalam FKUB Kabupaten Banyumas yaitu Ahlul Bait Indonesia, Jamaah Ahmadiyah, Jamaah Tabligh, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Al Irsyad, Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Dewan Dakwah Islam Indonesia, NU, Muhammadiyah, Muslimat NU, Hizbut Tahrir Indonesia, GP Anshor, Aisyiyah, Fatayat NU, Nasyiyatul Aisyiyah, dan Pemuda Muhammadiyah.
Berikutnya Jama’atul Muslimin, Katolik, Majelis Nichiren Shoshu Budha Dharma Indonesia, Kristen Bethel, Kristen Baptis, Kristen Indonesia, Kristen Advent, Kristen Jawa, Kristen Pantekosta, Kristen Injili, Paguyuban Ngesti Tunggal, Perjalanan Tri Luhur, Paguyuban Budaya Bangsa, Hindu, Vihara Prajna Maitreya, Budha Dharma Indonesia, Konghucu, Sapta Darma, Majelis Budhayana Indonesia, dan Penghayat Tri Tunggal Bayu.■(sbr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda